Cara Mudah dan Aman Membongkar Laptop Acer E1-470G

Cara Mudah dan Aman Membongkar Laptop Acer E1-470G

Klik4Clicks - Membongkar laptop sebenarnya tidak begitu sulit, dengan sedikit keberanian dan yang pasti harus dengan kehati-hatian. Terkadang ada baut-baut yang terlupa atau tersembunyi, karena tidak disadari laptop dibongkar secara paksa. Jika anda memiliki laptop Acer E1-470G dan ingin membongkarnya, karena alasan tertentu seperti, untuk menambahkan part baru, membersihkan atau alasan lainnya, artikel ini mudah-mudahan dapat membantu anda.
Langkah pertama yang harus kita perhatikan adalah pastikan semua baut terlepas, perhatikan gambar berikut posisi baut yang ada pada bagian bawah laptop. 
Lepaskan baterai, perhatikan gambar di bawah ini cara melepas baterai.
Dibawah baterai  untuk Acer E1-470G terdapat 2 buah baut yang harus dilepas. Maka total baut yang harus dilepas ada 18 baut. Hampir setiap laptop yang menggunakan baterai dengan posisi seperti ini, produsen meletakkan beberapa baut di bawahnya. Untuk Acer tipe lain seperti Acer Aspire biasanya ada 4 buah baut. Perhatikan gambar di bawah ini.
Setelah semua baut terlepas, selanjutnya kita keluarkan DVD Room. DVD ini wajib dilepas, karena dapat mengganggu ketika akan membuka casing laptop.  Lakukan seperti yang tampak pada gambar berikut.
Setelah langkah-langkah di atas dikerjakan selanjutnya kita akan membuka casing, anda dapat menggunakan alat bantu berupa plat khusus untuk membuka casing atau anda juga bisa menggunakan sisa kartu SIM perdana. Buka casing dimulai dari bagian atas.
Setelah casing keyboard terbuka, jangan langsung diangkat karena ada 2 fleksibel yang harus dilepas, yaitu fleksibel keyboard dan fleksibel touch pad (mouse).
Masing-masing fleksibel ini memiliki kunci, untuk fleksibel touch pad atau fleksibel ukuran kecil memiliki kunci bewarna biru dan untuk flesibel keyboard memiliki kunci bewarna hitam. Perhatikan bentuknya dengan sendirinya anda akan mengerti cara membukanya.

Setelah Fleksibel ini terbuka, casing keyboard baru bisa anda lepaskan, selanjutnya akan terlihat mainboard dari acer E1-470G. Untuk mengangkat mainboard ini ada beberapa hal yang harus dikerjakan. Perhatikan gambar berikut.
Sebelum mengangkat mainboard, kita harus melepas fleksibel monitor, fleksibel USB, kabel WiFi, hardisk dan baut yang terletak di bagian kiri atas.

Jika anda akan mengganti atau menambah RAM (memory), anda harus mengangkat mainboard karena posisi RAM ada di bawahnya.
Demikianlah cara membongkar Laptop Acer E1-470G dengan mudah dan aman. Silakan mencobanya dan hati-hati karena resiko kembali kepada anda. Terimakasih.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar