Cara Merubah HP Android Menjadi Kamera Mata-mata (Live Spy Webcam)

Cara Merubah HP Android Menjadi Kamera Mata-mata (Live Spy Webcam)

Klik4Clicks - Pernahkah terpikir untuk merubah HP android menjadi network camera? Atau dengan kata lain menghubungkan kamera handphone dengan komputer anda. Tentu saja bisa, ini bukan suatu hal yang sulit. Sekarang kita dapat memanfaatkan sebuah aplikasi yang memungkinkan anda untuk merubah HP android anda menjadi sebuah network camera. IP Webcam memberikan solusinya.

IP Webcam sangat mudah digunakan, tidak perlu menggunakan software khusus, anda dapat melihat video yang dihasilkan melalui browser yang sudah cukup terkenal seperti Mozilla Firefox dan Chrome.

Download IP Webcam melalui Google Play dan ikuti langkah-langkah berikut. Buka play store, cari lewat search IP webcam.
Klik tombol install untuk memasang diperangkat android anda. Tunggu sampai proses pemasangan selesai.
Setelah terpasang jalankan atau buka IP Webcam. Kemudian pada menu utama pilih video preferences, kita akan mengatur resolusi video.
 Setelah masuk ke dalam video preferences akan meuncul menu selanjutnya, pilih video resolution
Setelah itu akan muncul pilihan resolusi video. Sebagai contoh pada tutorial ini memilih resolusi 1280x960. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.
Selanjutnya masih dalam menu video preferences, pilih menu Quality. Menu ini untuk mengatur kualitas dari video yang dihasilkan. Sebaiknya gunakan kualitas video sesuai dengan kecepatan internet anda, dan juga semakin tinggi kualitas video yang dihasilkan akan semakin besar data yang kita perlukan. Atur sesuai kebutuhan.
 Pada tutorial ini, kualitas yang digunakan adalah medium atau tampak pada gambar, krusor berada ditengah-tengah.
Setelah melakukan setting video, kembali ke menu utama. Pilih Start server, kita akan mulai menghubungkan HP android kita ke PC atau komputer.
 Setelah kita pilih start server untuk pertama kalinya, maka akan ada pesan seperti tampak pada gambar di bawah ini. Kita diminta untuk mengunduh perangkat lunak yang berfungsi menjalankan video atau codec. Maka lanjutkan mengunduh, ukuran file idak terlalu besar hanya 400 Kb atau 4 Mb saja, pilih Yes untuk melanjutkan.

 Tungguh sampai proses selesai.
Setelah proses unduh codec selesai maka IP Webcam akan memberikan kita IP address yang akan kita gunakan pada browser di komputer kita. IP address ini tidak selalu sama, contoh pada tutorial ini tertulis 192.168.4.90.8080
Setelah itu jalankan browser (Mozilla Firefox atau Chrome). Lalu masukkan alamat sesuai IP address yang diberikan oleh IP Webcam.
Pastikan koneksi internet komputer anda terhubung. Tunggu beberapa saat maka kita akan masuk ke dalam website IP Webcam, pilih tampilan yang kita inginkan. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini
Cukup mudah mengubah HP android anda menjadi network camera. Mungkin ada beberapa aplikasi lain yang serupa dan cara menggunakannya pun tidak terlalu jauh berbeda. Terimakasih.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar